Mengenai Saya

Selintas Dakwah; Ingin Membantu Memberi Solusi.aktif sejak maret 2011

Kamis, 31 Maret 2011

Kitab Tijan dan sekilas Uraiannya

Oleh Tim Selintas Tauhid

Mukoddimah
Segala puji hanya dipersembahkan Kepada Allah yang Menciptakan Langit dan Bumi beserta segala isi yang menghias keduanya.

Solawat dan salam kehormatan selalu tercurah kewpada Nabi dan Rosul serta manusia pilihan yaitu Muhamad Saw beserta keluarga,sahabat dan seluruh pengikutnya,amin.amma bakdu ;

Rosulullah Saw bersabda dalam sebuah haditsnya ;
" Tafakuri { renungi } lah mahluk Ciptaan Allah dan jangan memikirkan Dzat Allah ." HR. At-Thobroni dan Baihaqi

Hadits tersebut jelas menerangkan bahwa setiap ummat manusia harus memikirkan tentang apa yang telah diciptakan oleh Allah dan bukan memikirkan bentuk daripada Wujud Dzat Allah.Bagaimana mungkin sebuah mobil-mobilan dapat memikirkan atau mengira-ngira sang pembuatnya. Setiap Pencpita pasti berbeda dengan yang diciptakannya.Kita sebagai mahluk Tuhan diperintahkan intuk berpikir tentang ciptaan Tuhan,karena kita telah diberi akal yang sempurna oleh-Nya.
Kitab ini akan menguraikan salahsatu disiplin Ilmu ke-Agama-an yang disebut Ilmu Tauhid.Didalamnya berisikan tentang 20 Sifat Wajib atas Allah, 20 Sifat Mustahil atas Allah dan satu Sifat mumkin pada-Nya.Selain itu diuraikan pula tentang 4 sifat Wajib atas Para Nabi dan Rosul Allah, 4 sifat mustahil dan satu sifat Basyariah didiri para Nabi dan Rosul Allah.

Ilmu Tauhid merupakan Fundamen jiwa manusia dan merupakan ilmu yang harus paling dulu/diutamakan dipelajari sebelum disiplin ilmu ke-Islam-an yang lainnya.Sebab hanya dari jiwa yang ber-Tauhid itulah akan memancar sinar cahaya Iman dan ke-Taqwa-an kepada Allah SWT.Oleh karena itu betapa banyak seruan Allah SWT dalam Al-Qur'an yang memanggil dengan kata " iman ".Dalam hal ini seorang 'Ulama ternama yaitu Ibnu Ruslan mencatat dalam kitabnya yang terkenal-Zubad- sebagai berikut ;

" Kewajiban yang pertama bagi manusia adalah mengenal Tuhannya dengan penuh keyakinan ."

Penterjemah akan mulai menterjamahkan Kitab Tizanud darori karya asli Seikh Ibrohim al-Bajuri.Selanjutnya mari kita mulai membaca,menyimak,memahami dan mengamalkan serta mengajarkan ilmu Tauhid yang telah banyak dilupakan orang.
==========================================================
Berkata Seikh Ibrohim ;
Aku mulai menulis kitab ini dengan menyebut atsma Allah,Dzat yang banyak memberi nikmat besar kepada mahluk-Nya tanfa pilih kasih didunia dan yang memberi nikmat khusus kepada hamba-Nya yang taqwa di akhirat kelak.Segala puji hanya bagi Allah Tuhan seluruh alam.Rahmat dan salam kehormatan selalu tercurah kepada Baginda Rosulullah Saw.
Selanjutnya Seikh Ibrohim yang merasa lalai dan amat membutuhkan Rahmat Tuhannya Yang Maha Waspada { mengetahui hakikat segala perkara } serta Maha Melihat { kepada seluruh mahluk-Nya diseluruh jagat,ia mengatakan ;

Sebagian rekan-rekanku telah memintaku-semoga allah memperbaiki aku dan mereka baik tingkah laku maupun akhlak-bahwa saya harus menulis kitab kecil ini yang mencakup sifat-sifat Tuhan dan kebalikannya,sifat yang jaiz pada-Nya dan sifat-sifat yang wajib pada hak para Rosul,serta sifat-sifat yang mustahil pada hak para Rosul dan sifat yang jaiz pada hak para Rosul.
Maka akupun memenuhi permintaan mereka,lalu aku berkata ; " Dan hanya kepada Allah aku memohon pertolongan ."

Wajib bagi setiap mukallaf { dewasa } menegetahui sifat yang wajib, perkara yang mustahil serta sifat yang jaiz { wenang/harus } pada hak Allah Swt.

[Ket pen ; Wajib,adalah suatu hal yang tidak boleh tidak,harus dikerjakan,harus dilakukan oleh seseorang yang beriman dan  memegang Agama Islam.Tanpa pemahaman yang benar dalam ke-Tauhid-an,maka akan bnyak penyelewengan akidah bagi orang tersebut ].


1}. Sifat wajib yang berhak pada allah adalah " Wujud " artinya Ada.
      Mustahilnya" Adam " artinya  Tiada;
      





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar